Kapolda NTB Pastikan Surat Suara Pilkada 2020 dalam Keadaan Aman


 SASAMBO NEWS - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal, S.I.K, M.H. tinjau keamanan penyimpanan surat suara Pilkada 2020 yang sudah terkumpul di Kecamatan. Salah satunya di kantor Kecamatan Praya, Lombok Tengah.

"sejak tadi pagi kami sudah lakukan patroli, dalam rangka memastikan dan meyakinkan bahwa mekanisme pengamanan tahapan pemungutan suara, sampai rekapitulasi ditingkat TPS dan PPS berjalan aman tanpa kendala," kata Kapolda saat pantau penyimpanan kotak suara di PPK Kecamatan Praya Lombok Tengah, rabu malam.

Tidak kalah penting, kata Kapolda NTB juga memberikan motivasi kepada penyelenggara Pilkada, seperti anggota TPS, PPS, personil TNI-Polri yang lakukan pengamanan.

"Kita sampaikan semangat, jaga kesehatan, jaga protokol kesehatan, bahwa hari ini mereka mengabdi untuk bangsa dan negara," ungkap Iqbal

Menurutnya, sejauh ini hasil pemantauan dari 7 kabupaten kota untuk proses pemungutan suara secara umum relatif aman, lancar dan terkendali. Namun dalam melaksanakan tugas pengamanan Pemilukada Serentak 2020, kata Kapolda, pihaknya bersama TNI selalu mengedepankan prinsip yaitu "overestimate".

"Kami berprinsip tidak mau 'underestimate', melainkan kami terus melaksanakan pengamanan dengan prinsip 'overestimate," ujarnya.

Patroli terus digalakkan pihaknya, sambang seluruh elemen masyarakat seperti tokoh agama, tokoh masyarakat bahkan paslon dan tim pemenangan. Dalam hal ini TNI-Polri tidak bisa bekerja optimal tanpa bantuan semua.

Lanjut Iqbal, untuk surat suara dari 7 kabupaten kota, mayoritas sudah berada di PPK termasuk Lombok Tengah sendiri. Sampai saat ini pukul 22.10 Wita malam, secara umum kondusif dari berbagai aspek gangguan, baik itu ganguan ancaman dari manusia maupun alam.

"Untuk di PPK, kami pastikan dijaga ketat personel selama 24 jam secara bergantian," tegasnya.

Kapolda pun memastikan giat pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 untuk tahap pemungutan suara di NTB telah berjalan dengan aman dan terkendali.

"Terimakasih kepada masyarakat NTB yang sudah dewasa dalam melaksanakan tahapan pemungutan suara Pilkada 2020, sehingga sampai saat ini bisa berjalan aman, tertib dan damai," tutup Iqbal. (SN-01)

blockhash.space | Zen faucet

Komentar