Polresta Kawal Pendistribusian Kotak Suara


 SASAMBO NEWS - Tahap Pencoblosan atau Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Mataram sudah di depan mata. Berbagai persiapan dilaksanakan untuk suksesnya gelaran Pilkada lima tahunan itu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram mulai mendistribusikan logistik Pilkada. Salah satunya adalah pendistribusian kotak suara Pilkada Kota Mataram. Pendistribusian ini dikawal langsung oleh petugas Polresta Mataram.

Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto bersama Dandim 1606 Lombok Barat, Kolonel Arm Gunawan pada hari Selasa (08/12/2020) sekitar pukul 09.00 wita. Mendatangi langsung Kantor KPU Kota Mataram di Jalan Lingkar Selatan. Lalu bersama Ketua KPU Kota Mataram dan Ketua Bawaslu Kota Mataram langsung melepas pendistribusian kotak suara.

‘’Hari ini kami juga mengawal pendistribusian kotak suara ke masing-masing Kantor Lurah di Kota Mataram,’’ ungkap Kapolresta Mataram Kombes Pol Guntur Herditrianto.

Kotak suara diangkut menggunakan 6 truk. Masing-masing truk menurunkan kotak suara di kantor lurah. Selama perjalanan menuju kantor lurah. Pendistribusian kotak suara itu dikawal petugas.

‘’Kita kawal kotak suaranya sampai ditujuan,’’ bebernya.

Pendistribusian ini sesuai dengan jadwal yang disusun KPU Kota Mataram. Berbeda dengan daerah lainnya yang melaksanakan Pilkada di NTB. Pendistribusian Kotak Suara di Pilkada Kota Mataram dilaksanakan H-1 menjelang pencoblosan atau pemungutan suara.

‘’Karena Mataram kan tidak luas. Tempatnya juga tidak ada yang jauh atau di daerah terpencil yang membutuhkan waktu lama untuk didistribusikan,’’ tuturnya.

Tidak hanya melepas pendistribusian Kotak Suara. Kapolresta Mataram dan Dandim 1606 Lobar juga langsung melakukan pengecekan setelah kotak suara tiba di Kantor Lurah. Rombongan Kapolresta mendatangi Kantor Lurah Taman Sari Lingkungan Ampenan Selatan dan Kantor Lurah Monjok.

‘’Ini untuk memastikan kotak suaranya sampai dan disimpan di tempat yang aman. Kantor Lurahnya juga dijaga sama petugas,’’ kata Guntur.

Secara keseluruhan kegitan pelepasan pendistribusian kotak suara dan pengecekan kotak suara di kantor lurah. Seluruhnya berjalan aman dan lancar. (SN-01)

Komentar