Bahasa Indonesia Adalah Identitasmu

Penulis : Paula Venia Prodi : Administrasi Publik Universitas Muhammadiyah Mataram
Paula Venia Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Mataram

SASAMBO NEWS [dot] Net - Bahasa Indonesia memiliki fungsi-fungsi tertentu, bukan hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai bahasa persatuan dalam republik Indonesia. Sehingga bahasa Indonesia merupakan identitas negara Indonesia. Indonesia mempunyai berbagai macam suku dan tentunya memiliki bahasa daerah dalam tiap-tiap suku. Apakah yang akan terjadi jika di Indonesia kita memakai bahasa daerah kita masing-masing? Apakah komunikasi kita tetap berjalan lancar jika kita berbicara dengan orang yang berbeda daerah? Tentu tidak. Pasti akan ada kesalahpahaman bila kita berbicara dengan orang yang berbeda daerah dengan kita. Mungkin juga kita akan selalu curiga bila orang lai sedang berbicara dengan kita. Berpikir kalau dia berbicara hal-hal yang buruk kepada kita.

Bahasa Indonesia dituangkan di point ketiga dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928, bahkan sebelum Indonesia merdeka dari penjajahan. Dalam point tersebut disebutkan bahwa kita sebagai putra putri Indonesia yang bersatu dengan menjunjung  bahasa Indonesia yaitu sebagai bahasa persatuan.
Sebagai pemuda generasi bangsa tentu mejandi pilar utama untuk menjunjung tinggi bahasa persatuan dan di wajibkan menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan negara kesatuan republik indonesia yang kita tercinta. Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa yang indah yang dapat menyatukan 652 bahasa daerah yang tersebar dari sabang sampai merauke. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang menjadi penghubung, dan dalam kedudukan nasionalisme Bahasa Indonesia dijadikan sebagai identitas atau lambang negara Indonesia.

 Patutlah sebagai warga negara indonesia menjunjung bahasa persatuan kita, Karena di era globalisasi ini bahasa Indonesia cukup memprihatinkan. Banyak masyarakat Indonesia yang menerapkan istilah-istilah asing. Bahkan ada yang merupakan warga Negara Indonesia yang menggunakan bahasa asing sebagai bahasa sehari-harinya. Hal ini cukup memprihatikan bagi generasi muda dalam mengedepankan dan menghormati bahasa pemersatu bangsa. Menguasai bahasa asing di era globalisasi ini merupakan suatu kebutuhan supaya bisa bersaing dalam ranah globalisasi. Sehingga banyak generasi muda  yang menggunakan bahasa asing dalam dealektika kehidupan sehari-hari. Namun, perlu diperhatikan bahwa seberapa kuasapun kita dengan berbahasa asing, jangan sampai lupa dengan bahasa sendiri, jangan sampai melengserkan bahasa Indonesia sebagai identitasmu dan jangan sampai bahasa Indonesia menjadi punah.

Beberapa point penting kongres bahasa indonesia  keempat dan kongres bahasa indonesia ke lima yang harus di pertimbangkan dan patut di jalankan adalah
Pertama adalah Kongres Bahasa Indonesia IV diselenggarakan di Jakarta pada 21-26 November 1983. Kongres ini diselenggarakan dalam peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-55. Dalam putusannya disebutkan bahwa pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia harus lebih ditingkatkan sehingga amat yang tercatat tercantum dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara, yang mewajibkan kepada semua warga negara Indonesia untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, dapat tercapai semaksimal mungkin.

Kedua adalah Kongres Bahasa Indonesi V juga diadakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober – 3 November 1988. Kongres ini dihadiri oleh kira-kira tujuh ratus pakar bahasa Indonesia dari seluruh Nusantara dan peserta tamu dari Negara sahabat, seperti Malaysia,Singapura, Brunei Darussalam, Belanda, Jerman, dan Australia. Kongres ini ditandai dengan dipersembahkannya karya besar Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa kepada pecinta bahasa di Nusantara, yakni berupa (1) Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan (2) Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. n) Kongres Bahasa Indonesia VI diadakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober – 2 November 1993. Pesertanya sebanyak 770 pakar bahasa Indonesia dan 53 peserta tamu dari mancanegara ( Australia, Brunei Darussalam, Jerman, Hongkong, India, Italia, Jepang, Rusia, Singapura, Korea Selatan, dan Amerika Serikat ). Kongres mengusulkan disusunnya Undang – Undang Bahasa Indonesia.

Dari uraian di atas maka penulis mencoba merankai point penting dan fungsi penggunaan bahasa indonesia yang baku dan benar.

“Lambang Identitas Nasional” Bahasa Indonesia fungsinya sebagainidentitas nasional,yang mengarah pada penghargaan terhadap bahasa Indonesia sekain bendera dan lambing Negara.di dalam fungsinya bahasa indoensia tentulah harus memiliki identitasnya sendiri sehingga serasi dengan lambing kebangsaan yang lain.bahasa Indonesia memiliki identitasnya sendiri apabila masyarakat pemakainya terutama kaum muda dan pelajar membina dan mengembangkannya sedemikian rupa sehingga bersih dari unsur-unsur bahasa lain.

“Alat Perhubungan Antar Daerah” Bahasa Indonesia memiliki peranan yang vital di masyarakat umum dan nasional.berkat adanya bahasa Indonesia masyarakat dapat berhubungan satu dengan yang lain sedemikian rupa sehingga kesalah pahaman sebagai akibat dari perbedaan latar belakang social budaya dan bahasa tidak perlu di khawatirkan masyarakat dapat berpergian dapat berpergian ke seluruh pelosok tanah air dengan hanya memanfaatkan bahasa Indonesia sebagai satu-satunya alat komunikasi.

“Bahasa Resmi Kenegaraan” Maksud dari bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan adalah bahwa bahasa Indonesia dipakai didalam kegiatan-kegiatan resmi kenegaraan seperti upacara,peristiwa dan kegiatan knegaraan baik dalam bentuk lisan maupun dalam bentuk tulisan. Salah satu kegiatan tersebut adalah penulisan dokumen dan putusan-putusan serta surat-surat yang dikeluarkan oleh pemerintah dan badan-badan kenegaraan lainnya,serta pidato-pidato kenegaraan.

Untuk itu masyarakat indonesia pada umumnya wajib memahami dan menjunjung tinggi bahasa nasional dan mengamalkan sebagai bahasa akademis dan bahasa indonesia merupakan alat komunikasi atau alat penghubung antara sesama masyarakat dan antara masyarakat dan pemerintahan.

Penulis : Paula Venia
Prodi : Administrasi Publik
Universitas Muhammadiyah Mataram

auto faucet

Komentar