Kampung Sehat Gegelang Dirikan Posko Ketahanan Pangan

Kampung Sehat Gegelang Dirikan Posko Ketahanan Pangan

 SASAMBO NEWS - Sebagai wujud nyata dukungan masyarakat terhadap Kampung Sehat 2 Nurut Tatanan Baru, yang diinisiasi Kapolda NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal, S.I.K., M.H., Desa Gegelang Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), kini menghadirkan inovasi baru berupa Posko Ketahanan Pangan di Dusun Bantek.
 
Bhabinkamtibmas Desa Gegelang Aiptu I Putu Nada Prayana yang melakukan pembinaan bersama pemerintah desa (pemdes) setempat, Senin (15/3/2021), mengungkapkan bahwa Posko Ketahanan Pangan tersebut merupakan hasil rembuk warga, dalam menyikapi pandemi Corova Virus Disease 2019 (Covid-19).
 
“Ini memang kemauan warga agar tidak ada krisis pangan terutama sayur-mayur, sehingga kebutuhan sayur-mayur warga didapat dengan mudah di masa pandemi ini. Pun, ini sebagai bentuk atau wujud nyata dukungan warga terhadap Program Kampung Sehat itu sendiri,” ungkapnya.
 
Dikatakan, dalam tugasnya sebagai Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas), pihaknya terus memberikan motivasi baik melalui pemdes setempat, maupun langsung kepada masyarakat dalam setiap kesempatan.
 
“Jadi ini ansih kemauan warga. Tugas kami hanya memberi dorongan dan suport serta pembinaan,” ujarnya.
 
Dijelaskan, Posko Ketahanan Pangan Dusun Bantek menyediakan berbagai jenis sayuran, yang dikumpulkan dan merupakan hasil pertanian dan perkebunan warga sekitar.
 
“Mungkin ini yang dinamakan posko dari warga untuk warga. Pasalnya, sayuran dikumpulkan dari warga dan selanjutnya dibagikan kembali untuk warga,” ucapnya.
 
“Lebihnya adalah sayuran yang sudah dibersihkan dikemas sedemikian rupa, sehingga terlihat lebih menarik dan memudahkan warga mengambilnya,” imbuhnya.
 
Pihaknya bersama Pemdes Gegelang berharap Posko Ketahanan Pangan Dusun Bantek itu, dapat membantu memenuhi kebutuhan warga sehari-hari di tengah pandemi saat ini.
 
“Pandemi ini belum usai, harus ada upaya untuk membantu masyarakat. Posko Ketahanan Pangan inilah contohnya,” bebernya.
 
Selain itu, lanjut Aiptu Nada, pihaknya juga tak henti-hentinya mengimbau masyarakat, baik saat mengambil sayur-mayur maupun dalam setiap kesempatan, agar selalu mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan cara menerapkan 5M.
 
“Semoga dengan kepatuhan warga dalam memakai masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan pakai sabun, membatasi mobilitas dan interaksi serta mengihindari kerumunan, pandemi Covid-19 ini segera berlalu,” harapnya. (SN-02)

auto faucet

Komentar