Sandiaga Uno Sebut 'TR' Pakar Pariwisata

 SASAMBO NEWS - Sejak pandemi Covid-19 melanda, dunia pariwisata Indonesia terpuruk hingga titik terendah. Dampak paling tragis, dirasakan masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Terlebih mereka yang menggantungkan hidupnya dari dunia pariwisata.

Terpilihnya Sandiaga Salahuddin Uno, sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, seakan Presiden RI Joko Widodo, memberi semua beban pemulihan pariwisata Indonesia di pundak kader partai Gerindra ini.

Sandiaga Uno tentu tidak bisa bekerja sendiri. Butuh orang-orang 'cerdas' yang selama ini istiqomah membantu pemerintah agar dunia pariwisata tetap kondusif dalam kondisi apapun. Termasuk mereka yang kini berada di luar lingkar pemerintahan. Di luar beberapa nama beken seperti Sapta Nirwandar dan Sofyan Ryanto, figur pegiat pariwisata asal Lombok yang disebut Sandiaga Uno sebagai pakar pariwisata Indonesia adalah Taufan Rahmadi (TR).

"Saya banyak belajar dari mas Taufan, beliau adalah pakar pariwisata" ujar Sandiaga Uno dalam sebuah kesempatan pertemuan virtual bersama Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah beberapa waktu lalu.

Sandiaga Uno tidak segan-segan memuji kepiawaian TR dalam mengemas sejumlah ide untuk kemajuan pariwisata Lombok dan NTB. Berbekal pengalaman yang pernah dirasakan di Badan Promosi Pariwisata NTB dan dipercaya sebagai salah satu Tim Percepatan Pembangunan 10 Destinasi  Pariwisata Indonesia di masa menteri Arif Yahya, TR tetap istiqomah memperjuangkan kemajuan pariwisata NTB.

Kiprah, peran, dan ide-ide cemerlangnya selalu menjadi referensi pelaku dan pegiat pariwisata di sejumlah daerah di Indonesia. Tidak terkecuali kalangan pemerintah daerah di seluruh tanah air.

"Idenya mas Taufan Rahmadi meluncurkan Go Mandalika menjadi salah satu trobosan dan bukti peran nyata Taufan Rahmadi untuk kemajuan pariwisata Lombok Sumbawa tetap berkembang. Taufan Rahmadi lebih maju satu langkah dalam usaha me-recovery pariwisata Indonesia melalui buku yang ditulisnya tentang protokol kesehatan yang harus disiapkan di destinasi pariwisata," papar Menparekraf Sandiaga Uno.

Sejumlah pakar pariwisata bahkan menempatkan nama Taufan Rahmadi sebagai figur yang tepat mendampingi Sandiaga Uno, memulihkan dunia pariwisata Indonesia. Bahkan beberapa pakar pariwisata Indonesia di Jakarta sempat menyampaikan secara langsung kepada Menparekraf Sandiaga Uno melalui pesan singkat untuk tidak menyia-nyiakan potensi yang dimiliki TR. Ide-ide cerdas TR, dalam pengembangan pariwisata Indonesia juga sempat 'harum' di beberapa negara Timur Tengah. Sebut saja Uni Emirat Arab salah satunya.

Ditemui sejumlah wartawan di sela-sela waktu santainya, TR tak sedikitpun merasa jumawa saat ditanya perihal akan mendampingi Sandiaga Uno melanjutkan program pemulihan pariwisata di tanah air. Menurut TR semua terserah Sandiaga Uno.

Pakar Pariwisata Indonesia, Taufan Rahmadi
Pakar Pariwisata Indonesia, Taufan Rahmadi

"Itu hak prerogatif pak menteri akan meminta siapa untuk membantu beliau dalam menjalankan tugas mulianya mengembalikan citra pariwisata pasca pandemi. Tapi kalau saya diminta, saya tidak mungkin menolak karena ini adalah bagian dari tugas saya sebagai warga negara yang baik," tegas Taufan Rahmadi, Kamis (1/4) di ruang diskusi rumahnya yang disebutnya sebagai pendopo nusantara.

Bagi TR, pariwisata adalah jiwanya. Inilah yang selama ini mendorongnya terus berbuat membantu semua pihak yang ikut terlibat, langsung maupun tidak langsung di dunia pariwisata ini. TR juga tidak segan dan canggung turun ke pelosok desa, memotivasi masyarakat desa menciptakan kampung wisata. Terlebih jelang berlangsungnya event MotoGP di Mandalika nanti, Lombok akan dibanjiri wisatawan dari berbagai negara.

"Banyak hal yang harus kita siapkan dan lakukan dari sekarang. kita sudah tidak punya banyak waktu, segala sesuatunya harus kita siapkan dari sekarang agar pariwisata Indonesia dan citra Lombok Sumbawa kian harum di mata wisatawan yang akan datang ke Lombok," papar TR bersemangat. (SN-01)

auto faucet

Komentar